Minggu, 24 Januari 2016

MEMAKSIMALKAN PERTUMBUHAN TULANG BAGI REMAJA

Tulang dan pertumbuhannya bagi remaja tergantung pada kepadatan tulang. Kepadatan tulang sendiri harus dipersiapkan sedini mungkin yang salah satunya dengan pola konsumsi yang bergizi dan teratur selama masa pertumbuhan.Berikut ini ialah tujuh zat yang baik bagi pertumbuhan tulang yang kuat.
Kalsium. Anak 9-18 tahun membutuhkan 1.300 mg kalsium perhari. Salah satu sumber utama kalsium adalah susu cair segar. Selain itu, jenis makanan kaya kalsium antara lain kedelai, buncis, kubis brussel, kale, almond, apel, jeruk, sereal, serta sayuran hijau lainnya.
Vitamin D. Vitamin D membantu tubuh menggunakan kalsium secara efektif. Meskipun vitamin ini diproduksi oleh tubuh saat terpapar sinar matahari, sumber makanan yang baik juga direkomendasikan. Remaja perlu mengkonsumsi makanan seperti salmon, sarden, udang, susu kedelai, hati dan kuning telur untuk memenuhi kebutuhan vitamin D sebanyak 600 IU (International Unit) perhari.
Vitamin K. Idealnya remaja membutuhkan 75 mg vitamin K perhari. Vitamin K membantu merangsang pertumbuhan tulang. Sumber makanan kaya vitamin K adalah sayuran berdaun hijau, kedelai dan minyak nabati, seperti kanola, kedelai, zaitun dan biji kapas.
Kalium. Kalium membantu mengurangi hilangnya kalsium dari kerangka tubuh. Remaja memerlukan 4,7 g kalium perhari yang bisa didapat dari makanan seperti tomat, pisang, jeruk, kentang dan buncis.
Magnesium. Magnesium adalah mineral yang memberi kontribusi bagi kekuatan tulang. Makanan seperti kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau adalah sumber makanak  terbaik magnesium. Remaja laki-laki membutuhkan 410 mg perhari, sedangkan remaja perempuan membutuhkan 360 mg perhari.
Vitamin C. Vitamin C membantu pembentukan kolagen, yaitu jenis jaringan ikat yang dibutuhkan mineral selama pertumbuhan tulang. Gadis remaja memerlukan 65 mg Vitamin C perhari, sedangkan remaja laki-laki membutuhkan 75 mg perhari. Sumber vitamin C antara lain jeruk, tomat, paprika, brokoli, stroberi dan kentang.
Fosfor. Fosfor merupakan bagian integral dari struktur tulang. Secara umum remaja membutuhkan 1.250 mg mineral perhari. Sumber terkaya fosfor adalah susu cair segar, yogurt, ikan salmon, kacang almond, kacang tanah dan daging sapi.
Jadikan Anak Indonesia menjadi Anak yang Sehat, Cerdas dan Ceria dan berakhlak Mulia.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Posting Komentar